Penyakit Glaukoma Adalah Jenis Sakit Mata

Penyakit glaukoma adalah merupakan penyakit mata yang gejalanya tidak secara langsung, melainkan akan membuat indra penglihatan yaitu mata akan menurun kinerjanya dan kalo dibiarka akan berakibat fatal yaitu kebutaan. Ini terjadi karena bola mata menjadi membesar akibat tersumbatnya saluran air mata. kalau sudah begini bola mata akan mendorong saraf mata yang letaknya persis dibelakangnya. Jika saraf mata sudah terjepit lama kelamaan akan membuat sistem tersebut mati karena terhentinya aliran darah ke saraf mata.

glaukoma-adalah

Faktor utama glaukoma adalah yaitu tekanan mata melebihi 20 mmhg, bisa juga disebabkan karena penyakit lain sperti diabetes melitus dan darah tinggi. Pembuluh darah menyempit, emosi yang tak terkontrol, sakit kepala sebelah juga bisa menjadi pemicu glaukoma. Penyakit glukoma ini sering tidak disadari oleh penderitanya karena memang penyait ini dampanya tidak secara langsung tapi bertahap. Mulai dari penglihatan yang awalnya hanya buram lama kelamaan akan menjadi tidak bisa melihat alias buta. Seorang yang sudah berusia 40 tahun lebih rentan akan glaukoma . Maka dari itu rajinlah untuk mengecek tekanan bola mata secara berkala ke dokter. Pertolongan pertama bisa dengan menggunakan obat tetes mata untuk mengurangi tekanan ke batas normal.

Penyebab Glaukoma Akut Pada Mata

Penyakit glaukoma dapat menyerang siapapun. Untuk menghindari penyakit ini sebaiknya anda harus tahu penyebab dari glaukoma . Berikut faktor resiko penyebab glaukoma diantaranya:

  • Faktor keturunan : tertular dari saudara sekandung atau dari orang tua ke anaknya
  • Tekanan bola mata yang diatas normal
  • Kencing manis atau mengidap penyakit gula
  • Hipertensi atau tekanan darah tinggi
  • Sakit kepala sebelah atau sirkulasi di otak kurang baik
  • Infeksi akibat pernah melakukan operasi mata
  • Faktor umur yaitu lebih dari 45tahun sangat rentan
  • Menggunakan cortisone yaitu sejenis steroid dalam jangka lama
BACA TIPS INI JUGA  Penyebab Mata Merah Gatal Bengkak dan Berair Pada Anak

Jenis-jenis Penyakit Glaukoma

  • Glaukoma Sudut-Terbuka Primer (Primary Open-Angle Glaucoma) : Merupakan glaukoma yang disebabkan faktor keturunan. Bahkan pengobatanya perlu ditangani dalam waktu lama bisa sampai seumur hidup.
  • Glaukoma Sudut-Tertutup Akut (Acute Angle-Closure Glaucoma) : Bisa dikatakan ini adalah penyakit glukoma serius karena kebutaan dapat terjadi dengan cepat. Gejala yang sering dirasakan yaitu sakit mata yang sangat,mual,muntah-muntah, pandangan menjadi buram bahkan nampak ada warna-warni disekitar sinar cahaya.
  • Glaukoma Sekunder (Secondary Glaukoma) : Glaukoma ini biasanya dipengaruhi oleh penyakit lainnya seperti diabetes atau mata katarak. Keseringan menggunakan obat tetes mata juga bisa menjadi sebab pemicu glaukoma.
  • Glaukoma Kongenital (Congenital Glaukoma) : Biasanya menyerang bayi yang baru lahir. Ini disebabakan karena saluran air mata tidak berfungsi secara baik.

Itulah sedikit ulasan apa itu penyakit glaukoma adalahpenyakit mata yang awalnya hanya pandangan kabur kalu dibiarkan bisa menjadi serius. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian .