Penyakit jantung rematik,definisi dan gejalanya

Penyakit Jantung Rematik biasa disingkat (PJR) atau juga disebut Rheumatic Heart Disease (RHD) dalam bahasa kedokteran .Ini merupakan salah satu penyakit jantung fatal atau serius yang dialami pada masa kanak-kanak dan remaja. Penyakit jantung ini dikarenakan terjadinya kerusakan pada seluruh bagian jantung dan selaputnya. Penyakit ini biasanya munculnya jika seseorang telah mengalami demam rematik. Tapi sekarang setelah penggunaan antibiotik yang efektif terhadap bakteri streptokokus yang menyebabkan demam rematik penyakit ini sudah dapat dikatakan bisa diminimalisir jumlah penderita yang mengalaminya.

penyakit jantung rematik

Demam rematik merupakan suatu penyakit peradangan (inflamasi) yang dapat timbul dikarenakan kmplikasi dari peradangan tenggorokan yang tidak ditangani/diobati tidak secara semestinya. Peradangan kemudian menjalar pada sendi, jantung, otak dan kulit. Dan kalau peradangan ini sudah menjalar sampai ke jantung inilah yang dinamakan dengan penyakit jantung rematik. Jika sudah didiagnosis terkena penyakit jantung ini maka dipastikan terjadi cacat permanen pada jantung, yaitu pada katup jantung, dan juga bisa juga pada otot jantung itu sendiri. Jika yang terkena pada katup jantungnya penyakit ini tidak bisa sembuh kalau hanya diberi obat-obatan saja,karena katup sudah tidak bisa membuka dan menutup secara normal sehinnga aliran darahpun mengalami perubahan.

Biasanya demam rematik dialami oleh anak umur 5 sampai 15 tahun ,dan jarang demam ini menyerang balita ,anak diatas umur 15 tahun apalagi orang dewasa.

Karena mengalami gangguan pada jantungnya biasanya penderita penyakit ini mengalami gejala seperti sesak napas, nyeri sendi yang berpindah- pindah, bercak kemerahan pada kulit yang berbatas, gerakan tangannya tak teratur & tak terkendali, munculnya benjolan kecil-kecil dibawah kulit. Dan diikuti munculnya gejala sepert nperut terasa nyeri, turunnya berat badan, cepat capek dan demam.

BACA TIPS INI JUGA  Penyebab jantung bengkak yang perlu anda ketahui

Cara terbaik untuk mencegah penyakit demam rematik iniadlah dengan menggunakan strep throat dengan penisilin atau antibiotik lainnya, atau tanyalah kedokter untuk spesialis jantung lebih jelasnya supaya tidak berkembang semakin jauh.

Jika penderitanya sudah terserang demam rematik terus menerus maka bisa menyebabkan kerusakan pada jantung. Karena itulah penderita demam ini biasanya pengobatanya dengan diberikan antibiotik baik itu harian,bulanan ,bahkan ada yang seumur hidup. Dan kalau deman rematik ini sudah menjalar sampai ke hati dapat menimbulkan resiko endokarditis infektif (bakteri endokarditis), infeksi selaput jantung/katup.Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab dari penyakit jantung rhematik.Dan jangan lupa anda bisa membaca artikel tentang penyebab jantung bengkak diartikel sebelumnya