Penyebab Dan Gejala Awal Kanker Usus Besar

Penyebab dan gejala awal kanker usus – Biasanya kanker usus bermula dikarenakan tumbuhnya sel yang tdak ganas di dalam rektum (permukaan usus besar). Pada tahap ini sel ganas tersebut hanya akan menbentuk polip yaitu sel ganas yang bertumbuh begitu cepat. Sel Ganas atau biasa disebut adonema jika masih pada stadium awal sangat sulit sekali untuk dideteksi kalau seseorang mengidap kangker.

Di zaman yang serba instan sekarang banyak sekali jenis kanker yang bermunculan. KadangĀ  dipicu karena faktor genetika yaitu faktor keturunan yang dulu memiliki penyakit kanker. Dikutip dari _coloncancer.about.com berikut adalah delapan penyebab kanker usus:

kanker-kolekteral

– Umur
Umur seseorang bisa menjadi penyebab utama timbulnya kanker. Memang secara tidak langsung sih, biasanya setelah umur 50 tahun lebih. Dari 4 orang satu orang memiliki polip yg memicu resiko cancer.

– Minuman dan makanan beralkohol
Berdasarkan penelitian alkohol makanan dan minuman beralkohol memicu meningkatnya resiko akan cancer kolorektal

Kencing manis atau Diabetes
Dalam study yang diumumkan Gastroenterology ketergantungan akan insulin memberikan dampak peerkembangan kankr usus besar. Gampangnya sh dari empat puluh persen penderita diabetes lebih beresiko terkena kanker usus.

– Faktor Makanan berlemak
Makanan dengan kandungan lemak hewani dan kolestrol tinggi juga ikut andil penyakit cancer ini

– Lingkungan
Faktor lingkungan juga memiliki peran cukup besar maka dari itu, selekiflah dalam memilih tempat tinggal, tempat anda bekerja dan jenis pekerjan anda

– Genetik
Paling umum penyebab genetik ini yaitu mutasi menuju familial adenomatosa poliposis dan cancer kolorektal non-poliposis herediter

– Peradangan pada usus
Jika seseorang menderita radang usus dalam waktu lama ini bisa meningkatkan berkembangan cancer kolorektal ini

– Jarang Olahraga
Gaya hidup yang tidak sehat karena kurangnya olahraga juga sebab utama pemicu berkembangnya kanker usus besar

Itulah delapan dari faktor pemicu kanker usus besar yang harus anda waspadai. Dan jangan lupa ingat peribahasa bijak mencegah lebih hemat daripada mengobati.

Gejala Kanker Usus Besar Stadium Lanjut

Dikutip dari kompas gejala dari penyakit kanker usus besar yaitu berat badan menurun dikuti dengan berubahnya kebiasaan dalam buang air besar disertai dengan keluarnya darah. Gejala lainya mengalami sembelit/diare selama 6 minggu tanpa sebab yang pasti, pada bagian belakang perut terasa sakitt, perut kembung, dan meski sudah berulang kali berak perut masih terasa kenyang.

Itulah beberapa cara sederhana dalam mendektesi gejala awal kanker usus besar yang dapat anda kerjakan sendiri. Mulailah dari sekarang hidup dengan sehat supaya terhindar dari penyakit berbahaya yang menggerogoti usus besar anda supaya tidak menyesal dikemudian harinya nantinya. Dan ingat juga bahwa sehat lebih mahal dari uang segepok ataupun sekarung. Semoga sedikit informasi ini bermanfaat.