Penyebab jantung bengkak yang perlu anda ketahui

Sebenarnya apa sih penyebab jantung bengkak? Pertanyaan ini mungkin pernah terlintas dipikiran anda, lebih khusus lagi bagi mereka yang sedang belajar di dunia kedokteran atau mereka yang terlibat langsung dengan penyakit jantung bengkak ini. Meskipun telah berulang kali pertanyaan itu dilontarkan dan dijawab, penyakit ini tetap menjadi obyek penelitian yang menarik. Jadi jangan heran kalau para pakar kesehatan terus meneliti dan mengkaji mengenai penyebab penyakit ini. Ternyata jantung bengkak disebabkan oleh hal-hal berikut ini.

penyebab jantung bengkak dan gejalanya

Kurang Olahraga
Penyebab pembengkakan jantung yang
pertama adalah jarang berolahraga. Disebabkan jarang berolahraga sehingga tubuh jarang mengeluarkan keringat. Resikonya sudah pasti berat badan akan berlebih . Obesitas sangat berbahaya karena membuat jantung bekerja lebih keras dan menyebabkan terjadinya pembengkakan pada jantung. Tidak hanya membuat jantung bengkak, malasnya berolahraga
juga bisa memicu munculnya penyakit jantung koroner dan tekanan darah tinggi.

Keabnormalan Jantung Sejak Lahir
Tahukah anda bahwa tidak semua orang lahir dengan jantung normal. Diantara beberapa orang mengalami kelainan jantung atau biasa dinamakan sebagai penyakit jantung bawaan. Contohnya seperti jantung bocor atau munculnya lubang pada jantung. Ini memaksa jantung harus bekerja ekstra karena ketidaksempurnaan organ jantung.
Jantung dipaksa memompa lebih keras dan itu penyebab jantung bengkak yang sangat potensial

Otot jantung melemah dapat disebabkan karena faktor seperti serangan jantung.
Otot jantung yang lemah juga memaksa
jantung untuk bekerja lebih berat untuk
memompa darah ke seluruh bagian tubuh.
Jika ini terus berlangsung dapat memicu resiko terjadinya jantung bengkak.

Tekanan darah tinggi juga berakibat jantung bekerja ekstra. Ini tentu sangat berpeluang terjadinyajantung bengkak. Dan biasanya penderita tekanan darah tinggi jarang menyadari jika terserang penyakit ini. Ini dikarenakan, penyakit ini nyaris tanpa gejala berarti. Untuk itu, alangkah baiknya untuk sekedar mengecek tekanan darah pada pihak medis untuk mengetahui tingkat tekanan darah Anda. Supaya kalau memang memiliki tekanan darah tinggi bisa segera diobati agar tidak memicu pembengkaan jantung.

BACA TIPS INI JUGA  Gejala dan Ciri-ciri Sakit Ginjal Awal Akut pada Anak Serta Wanita

Rusaknya katup pada jantung sangat berpotensi menyebabkan jantung bengkak.
Kerusakan katup jantung ini disebabkan oleh demam rematik atau karena sebab lainnya. Karena organ yang Sudah tidak dalam kondisi sempurna, mengakibatkan jantung harus bekerja ekstra untuk memompa darah. Dengan keadaan seperti ini ,jika -terus menerus akan bepotensi merembet yang bisa menyebabkan penyakit jantung.

Dari penyebab jantung bengkak diatas, empat di antaranya dipicu karena penyakit lainnya. Jadi boleh diartikan jantung bengkak merupakan penyakit yang timbul karena dipicu suatu penyakit. Memang, ini pasti bukan hal aneh pada suatu penyakit. Karena sering sebuah penyakit menimbulkan efek beruntun pada penderitanya sehinggamengalami beberapa penyakit sekaligus. Yang menakutkan tentu saja efek dari terjadinya jantung bengkak. Kalau seseorang jantungnya sudah bengkak, maka sangat beresiko mengalami pembekuan darah dan kesulitan dalam bernafas. Akibat ketidaknormalan dari jantung ini tentu pasti tidak mengenakkan. Maka dari itu jagalah baik kesehatan jantung Anda. Sayangilah jantung Anda agar tidak mulai dari sekarang .

Baca juga artikel gejala diabetes insipidus