Penyebab Kanker Mulut Dan Gejalanya

Penyebab Kanker Mulut Dan Gejalanya – Kanker mulut atau bahasa kerennya yaitu Oral CancerĀ  yaitu merupakan penyakit berbahaya yang menyerang bagian disekitar mulut dan pertumbuhannya bisa sampai pada rongga mulut (orofaring).Penyebab kanker mulut awalnya dimulai dari lidah dan bagian paling bawah mulut. Kebanyakan kanker jenis ini permulaannya dari sel datar atau sel skuamosa. Sel ini adalah sel yang menutupi bibir, permukaan mulut & lidah. Dan biasanya penyebaran penyakit mengerikan ini melalui sistem limfatik. Sel-sel kanker selanjutnya dialirkan olih getah bening . kemuncculan awal sell-sel kanker biasanya ada nampak di dekat leher. Lantas menyebar ke paru-paru, dan menjalar ke seluruh bagian tubuh. Kalau sudah terjadi akan membentuk tumor baru yang mempunyai jenis sel-sel abnormal yang sama sebagai tumor primer. Contoh gampangnya begini ketika sel kanker sudah menjalar sampai paru-paru yang sesungguhnya itu adalah sel-sel kanker mulut.

Cara & Tips >>  Cara Mengobati Sariawan di Lidah yang Tak Kunjung Sembuh

 

Penyebab Oral Kanker dan Lidah

Pemicu kanker di sekitar mulut ini diakibatkan karena tidak terkontrolnya pertumbuhan sel-sel dan kemudian mengganggu jaringan didekatnya yaitu kepala & leher. sel penyebab oral cancer adalah sel yang terus tumbuh dan tidak akan mati . Ini sangat berbeda sel sehat yang normal. Ada banyak sekali faktor pemicu kanker ini.Berikut beberapa faktor penyebabnya yaitu :

  • Kebiasaan buruk merokok atau penggunaan tembakau pada orang jawa yaitu menginangTerlalu sering minum-minuman memabukan (beralkohol)
  • Sering terkena pancaran sinar Ultra Violet (matahari)
  • Faktor Keturunan dari keluarga yang pernah menderita kanker leher dan kepala
  • Kurangnya kebutuhan nutrisi dan vitamin tubuh karena jarang makan buah dan sayur-sayuran
Cara & Tips >>  Penyebab Penyakit Herpes Kulit Zoster Simpleks & Genital

Gejala Kanker Mulut Sariawan Akibat Merokok

Gejala dari kanker ini dapat dilihat dari beberapa keabnormalan yang ada di mulut. Seperti bagian yang ada sel kanker akan terasa nyeri, susah kalau dipakai untuk mengunyah dan menelan makanan, suara jadi serak, merasakan nyeri disekitar telinga, kalau sudah parah akan membuat mulut sulit berbicara. Ada juga tanda lainya seperti:

  1. Timbul sakit di wajah, leher yang berupa luka
  2. Menderita sariawan yang tidak sembuh lebih dari dua minggu
  3. Pada gusi & bibir terasa membengkak atau munculnya benjolan
  4. Adanya bercak berwarna di bagian dalam mulut
  5. Menjadi sering mengalami pendarahan tanpa sebab karena suatu luka gusi di mulut
  6. Gigi menjadi mudah goyang seperti akan copot tanpa ada sebab pasti
  7. Mati rasa di sekitar leher & mulut
Cara & Tips >>  Buah-buahan Penambah Darah Terbaik untuk Penderita Anemia

Tapi perlu diperhatikan bahwa tidak semua gejala yang disebutkan di atas berarti anda positif terkena penyakit kanker berbaya ini. Bisa saja mungkin sebagian besar terjadi akibat efek samping dari infeksi pada lidah atau bagian dalam mulut. Untuk memastikannya sebaiknya anda segera berkonsultasi atau periksa ke dokter untuk lebih jelasnya. Dan berdasarr hasil survei kanker yang menyerang mulut lebih berbahya dari kanker serviks. Demikianlah pengertian, penyebab dan gejala atau tanda kanker mulut semoga berguna.

PENTING! BACA JUGA Kesehatan
gigi-berlubang
Berikut Cara Mengatasi Sakit Gigi Berlubang Secara Tradisional

Cara mengatasi sakit gigi berlubang - Tahukah anda apa yang menyebabkan gigi sakit? Sebenarnya banyak sekali penyebab sakit gigi diantaranya...

Penyebab dan Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami

Penyebab dan Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami - Mata cantik ialah jika mata tidak memiliki kelainan seperti kantung mata....

Mengobati Sakit Mata untuk Bayi dengan mudah

Obat sakit mata untuk bayi - Sakit mata yang menyerang bayi biasanya yaitu belekan. Belek biasnya disebabkan karena adanya kotoran...

Close