Penyebab Penyakit Herpes Kulit Zoster Simpleks & Genital

Penyebab Penyakit Herpes Kulit Zoster Simpleks & Genital – Kebanyakan orang yang menderita penyakit kulit herpes atau dompo tidaklah sadar, kalau dirinya sudah terinfeksi & turut serta menyebarkan penyakit ini. Terlebih cara penularan pada jenis herpes simpleks yang bisa dengan mudah ditularkan melalui interaksi langsung dengan bagian tubuh yang terinfeksi dari dirinya kepada orang lain. Pada prosesnya penularan ini dapat terjadi meskipun tanpa adanya luka pada penderitanya. Itulah kehebatan atau kelebihan virus ini.

virus penyebab penyakit herpes kulit

Penyebab Penyakit Herpes Pada Anak dan Wanita

Berdasarkan penyebabnya herpes di golongkan menjadi dua jenis yaitu:

Herpes Simpleks yang diakibatkan jenis Virus Herves Simpleks type I (HSV-I) ataupun Herpes Simpleks Virus Tipe II (HSV-II). Herves HSV-I (Labialis) menyerang bagian di bibir, mulut & sekitarnya sedangan HSV-II (Genitalis) menginfeksi kulit pada bagian sekitar kemaluan. Dan cara penularannya biasanya lewat hubungan seksual yang menimbulkan rasa gatal-gatal, nyeri di area genital, dengan kulĂ­t & selaput lendir yang berubah warna merah.

Herpes Zoster disebabkan oleh nama Virus Varicella Zoster, yakni virus yang juga mengakibatkan cacar air. Gejala awal, muncul gelembung-gelembung berukuran kecil, kebanyakan muncul di daerah punggung serta leher, dan mencangkup pada bagian persyarafan tertentu. Gelembung-gelembung ini nantinya akan terasa nyeri & mudah pecah sehingga gampang sekali timbul infeksi disebabkan oleh bakteri. Penyakit Kulit Herpes yang ditimbulkan karena virus ini bukanlah termasuk penyakit kelamin & nantinya dapat disembuhkan secara menyeluruh.

Penyakit Herves yang diakibatkan oleh virus herves simplek tipe 1 merupakan penyebab mayoritas untuk luka-luka demam (cold sore) di sekitaran mulut. Sedangkan Herpes simpleks 2 umumnya menyebabkan herves kelamin. Namun ternyata belakangan ini diketahui, bahwa virus tipe 1 bisa juga menyebabkan terjadinya infeksi pada kelamin atau kemaluan, begitu juga virus type 2 bisa menginfeksikan bagian mulut lewat hubungan seksual.

BACA TIPS INI JUGA  Manfaat Minyak Ikan untuk Bayi

Penyakit Herpes simplex Genitalis sendiri berpotensi menyebabkan hilangnya nyawa pada bayi yang sudah terinfeksi. Apabila seorang ibu hamil memiliki herves kelamin aktif pada waktu melahirkan maka disarankan sebaiknya untuk proses melahirkan melalui bedah caesar supaya bayinya nanti tidak tertular. Seseorang yang menderita herpes simpleks aktif juga sebaiknya sangatlah berhati-hati ketika berhubungan seks atau intim, agar nantinya tidak infeksi HIV. Bagi penderita HIV & herpes simplex, sebaiknya berhati-hati pula pada waktu terjangkit herpes aktif, dikarenakan saat itu, viral load HIV nya umumnya lebih tinggi & sangatlah berkemungkinan ditularkan kepada orang lain. Untuk mengetahui lebih lanjut penyebab terjadinya penyakit herpes yang sedang anda derita alangkah baiknya untuk melakukan test laboratorium supaya dapat dilakukan pengobatan lebih lanjut.