Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri karena Berbagai Faktor

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri karena Berbagai Faktor – Ada berbagai macam penyebab sakit pinggang sebelah kiri mulai dari karena sakit ringan macam keseleo hingga gagal ginjal yang merupakan salah satu penyakit paling ditakuti karena bisa menyebabkan kematian. Ulasan di bawah ini penting karena membahas beberapa penyebab sakit pinggang yang terjadi di bagian kiri.

Berbagai Macam Penyebab Sakit Pinggang

Dengan mengenali penyebab sakit pinggang dibagian kiri, maka Anda bisa membedakan apakah sakit tersebut disebabkan penyakit parah atau tidak. Anda juga akan tahu cara membedakan sakit pinggang bagian kiri karena gangguan ginjal dengan gangguan lainnya:

Pinggang-sakit-sekali

Keseleo atau tegang: Penyebab paling umum sakit pinggang terjadi adalah karena keseleo dan otot yan tegang di bagian sebelah kiri. Ligamen dan otot di sepanjang tulang belakang bisa cedera karena mungkin mengangkat benda berat, jatuh, dan gerakan fisik yang salah. Solusinya bisa dengan dikompres ataupun penghilang rasa nyeri yang bisa didapatkan secara bebas di pasaran.

Skiatika dan Herniated Disc: Skiatika atau lebih mudahnya saraf belakang yang terjepit, sedangkan Herniated Disc terjadi ketika diskus (sturktur yang memberikan bantalan untuk tulang belakang) sudah aus, pecah, ataupun menyusut sehingga memaksa diskus tersebut untuk keluar dari posisi normal. Hal ini nanti bisa menyebabkan rasa sakit di pinggang sebelah kiri.

Batu ginjal: Sakit pinggang karena batu ginjal biasanya disertai rasa sakit yang luar biasa, terkadang saat buang air kecil bisa sampai mengeluarkan darah. Rasa sakit tidak hanya terjadi di bagian kiri, namun menjalar ke bagian lain seperti perut ke bawah sampai dengan bagian pangkal paha. Kalau sudah terjadi seperti ini cara satu-satunya harus segera memeriksakan diri ke rumah sakit.
Infeksi ginjal: Selain batu ginjal, infeksi ginjal juga bisa menjadi penyebab sakit pinggang di bagian kiri. Bedanya adalah infeksi ginjal ini bisa terjadi karena adanya infeksi kandung kemih yang kemudian menjalar hingga ke ginjal (jika yang sakit bagian kiri tentunya yang terkena adalah ginjal sebelah kiri). Solusinya harus ke dokter agar segera diberi obat dan terkadang jika sudah paras maka penderita sampai harus rawat inap rumah sakit.

BACA TIPS INI JUGA  Cara Menurunkan Demam Tinggi Anak dan Pada Orang Dewasa

Kista: Tentunya kista yang terjadi di ovarium ini menyerang kaum wanita. Biasanya rasa sakit pinggang tidak hanya bisa terjadi di sebelah kiri, namun juga bagian kanan karena tergantung ovarium mana yang kena. Rasa sakit dari pinggang bisa menjalar mulai dari perut bawah.

Sebetulnya masih ada banyak sekali hal-hal atau penyebab yang membuat pinggang sebelah kiri sakit seperti kanker usus, pankreas meradang, tukak lambung, dan lainnya. Mengenai kapan harus periksa ke dokter tentunya jika Anda menderita salah satu hal berikut: Di malam hari suka berkeringat, susah buang air kecil maupun air besar, sakit perut amat parah, berat badan Anda turun, demam, dan terasa sangat lemah.