Proses Terjadinya Varises Esofagus Serta Penyebabnya

Proses Terjadinya Varises Esofagus serta Penyebabnya – Varises esofagus adalah penyakit yang umum menyerang penderita penyakit hati stadium tinggi dimana terjadi pembengkakan pada pembuluh darah balik yang berada di daerah kerongkongan, karena itulah ia sering disebut dengan nama varises kerongkongan. Pada fase awalnya memang penyakit ini tidak terlalu berbahaya, namun jika dibiarkan terus membengkak maka pembuluh darah akan pecah dan menyebabkan pendarahan dalam tubuh. Hal inilah yang menyebabkan varises ini jadi berbahaya.

varises-esofagus-adalah

Proses terjadinya pembengkakan pada pembuluh darah di kerongkongan

Penyakit varises di area tenggorokan terjadi pada penderita penyakit hati yang disebabkan aliran darah dalam tubuh tidak bisa mengalir ke dalam hati secara normal. Aliran tersebut terhambat oleh jaringan parut yang terbentuk dalam hati karena masalah lain, namun dengan adanya hambatan maka aliran dalam pembuluh darah yang sebelumnya lancar menjadi berjalan dengan lambat. Dengan demikian akan terjadi penumpukan darah pada pembuluh yang menyebabkan tekanan dalam pembuluh darah besar menjadi meningkat. Sebab peningkatan tekanan itulah darah justru akan berbalik mengalir ke pembuluh darah yang lebih kecil pada area di sekitar hati termasuk pembuluh darah pada kerongkongan.
Struktur pembuluh darah kerongkongan dengan dinding tipis membuat pembuluh jadi membesar karena adanya aliran darah yang berlebih. Karena strukturnya memang sangat rapuh maka akan ia tidak dapat menahan jumlah darah yang terlalu banyak. Dengan demikian pembuluh akan pecah dan darah akan mengalir keluar. Inilah yang menyebabkan pendarahan dalam tubuh karena varises esofagus. Setelah terjadinya pendarahan maka keadaan penderita akan semakin kritis.

Penyebab terjadinya varises tenggorokan

Dilihat dari proses terjadinya varises ini, maka bisa disimpulkan bahwa penyebab terjadinya penyakit ini adalah karena penyakit lain yang menyerang ke hati penderita.

      • Sirosis hati: kondisi ini terjadi saat terbentuknya jaringan parut dalam hati yang tidak bisa kembali ke keadaan semula dan akhirnya akan mengarah pada terjadinya varises kerongkongan pada sirosis hati. Penyebab sirosis sendiri bermacam-macam seperti hepatitis, kecanduan alkohol, serta gangguan pada empedu.
      • Pembekuan darah: varises dapat terjadi saat pembuluh darah besar terhalang oleh adanya pembekuan darah atau terdapat pembekuan darah pada vena lienalis yang berfungsi memasok darah ke pembuluh darah besar.
      • Infeksi parasit: hati dapat rusak karena infeksi parasit Schistosoma yang terdapat di berbagai wilayah termasuk Asia tenggara.
      • Budd Chiari syndrome: penyakit ini termasuk penyakit langka dimana terjadi pembekuan darah sehingga memblokir jalannya aliran darah keluar hati. Akhirnya darah akan mengalir lewat jalan lain yang menyebabkan varises.

Untuk penanggulangan varises esofagus, akan difokuskan agar pembuluh darah tidak pecah. Karena itulah obat-obatan yang diberikan bertujuan untuk memperlambat aliran darah ke pembuluh darah besar sehingga tekanannya berkurang.

penyebab varises esofagus