Resep Salep Obat Mata Bintitan Secara Alami Tradisional

Resep Salep Obat Mata Bintitan Secara Alami Tradisional – Obat mata bintitan pada anak sesungguhnya hampir sama seperti cara mengobati sakit mata lainnya. Sebab penyebab penyakit ini mirip yakni, karena terkena infeksi bakteri. Pasti anda sering mendengar hal-hal mitos atau kepercayaan bahwa sakit bintitan itu muncul karena kebisaan mengintip orang mandi, atau yang lainnya. Saya pun juga pernah mendengarnya, bahkan sudah sangat lekat dikalangan masyarakat sejak jaman dahulu. Tapi yang menjadi pertanyaan benarkah mitos tersebut? untuk lebih jelasnya, yuk kita simak beberapa info di bawah ini baca!

obat mata bintitan alami

Apa Penyebab  Bintitan?

Bintitan merupakan sebuah bisul berukuran kecil ataupun agak besar yang ada di kelopak mata. Kalo dalam bahasa medis dikenal dengan nama “hordeolum” yaitu gejala infkesi/peradangan di bagian kelopak mata yang timbul akibat ulah bakteri staphylococcus aureus.

Bintitan ini dapat terjadi oleh banyak faktor, seperti kebersihan sekitar mata tidak terjaga denagn baik, terkena debu & kotoran di jalan, kebiasaan buruk mengucek mata dan masih banyak lagi.

Gejala Penyakit Mata bintitan Anak & Ibu Hamil

Gejala awalnya biasanya terdapat benjolan berwarna sedikit kemerahan diarea kelopak mata entah letaknya di atas maupun di bawah & disertai pula dengan bintik putih atau kuning pada bagian tengah. Jika dibiarkan kelamaan benjolan akan semakin membesar atau membengkak & bisa menyebabkan mata nantinya cepat mengeluarkan cairan, adanya rasa gatal, menjadi susah ketika akan berkedip bagi pengidapnya.

Jenis-jenis Mata Bintitan
Kalau dikelompokan menurut dimana letaknya berada , sakit  bintitan di golongkan menjadi dua yaitu,;

  • Bintitan interna: Umumnya terjadi di bagian kelenjar meibom, & mengarah ke selaput di dalam kelopak mata.
  • Bintitan eksterna: Umumnya muncul di kelenjar zeis & moll dimana letak bejolan mengarah di luar kelopak mata.

Cara untuk mencegah penyakit mata bintitan

  • Selalu hiduplah dengan pola hidup sehat
  • Hindarkan kebiasaan tangan suka mengucek atau menggosok mata
  • Ketika membeli produk kosmetik lihat tanggal kadaluwarsanya & saat membersihkan bekas make-up usahakan benar-benar bersih
  • Selalu jaga kebersihan dan esehatan sekitar mata
  • Cukupkan waktu untuk mata beristirahat, kalo lelah biasanya lebih beresiko terserang penyakit ini.
  • Jaga kebersihan tempat tidur, seperti bantal. Ketika saat tidur kan, biasanya permukaan muka kadang menempel pada bantal, kalo bantalnya tidak bersih, mungkin mata anda akan terkena infeksi bakteri
    Hindarkan diri dari lingkungan berdebu & kotor

Demikian beberapa cara pencegahan yang dapat anda kerjakan. Lantas bagaimana jika sudah terlanjur terkena bintitan? Tidak perlu panik,berikut mbah berikan tips resep ampuh & manjur mengobati sakit bintilan secara alami tradisional.

Cara Alami Mengobati Mata Bintitan yang Ampuh

Setelah kita membahas apa itu bintitan, macam-macam bintitan, gejala & juga apa penyebabnya. Sekarang Inilah cara untuk mengobati sakit bintitan, untuk ibdapat anda lakukanu hamil dan balita.
1. Air Hangat
Ini adalah cara paling gampang untuk menyembuhkan  bintitan yaitu dengan mengompresnya dengan air hangat. Cara ini manjur agar rasa gatal hilang dan mengempeskan mata bengkak akibat bintitan.

Cara mengompres  dengan air hangat :
Sediakan selembar kain lembut atau bisa juga dengan handuk bersih
Rendam dulu handuk tadi di dalam air panas
Bersihkan daerah kulit di sekitar mata lalu kompresslah menggunakan handuk hasil rendaman tadi selama 5-10 menit
Lakukan secara teratur agar hasilnya bisa maksimal

2. Bawang Putih
Selain dengan air hangat, anda juga bisa menghilangkan penyakit bintitan memanfaatkan bawang putih. Sebab bawang putih di dalamnya mengandung senyawa anti-bakteri, yang berguna membunuh bakteri penyebab sakit ini.

Obat Herbal  bintitan dengan bawang putih :
Bersihkan dulu mta memakai air hangat
Sedikan 1 siung bawang putih
Lalu haluskan menggunakan blender, diparut ataupun ditumbuk
Kemudian oleskan bawang putih halus tadi di daerah kelopak mata yang sakit

3. Daun sirih
Obat herbal bintitan dengan daun sirih :
Siapkan 1 sampai 3 lembar daun sirih
Rebuslah daun sirih tadi dengan 2 gelas air sampai benar-benar mendidih
Kemudian saring air rebusan daun sirih tadi
Lalu pakailah untuk membersihkan mata yang sakit / bintitan
Bisa juga dijadikan sebagai obat tetes, namun nati rasanya sangatlah pedih.

Obat Mata Bintitan Lainnya

1. Obat Tetes Mata
Kalau sudah mencoba cara-cara diatas tetapi ternyata sakit anda masih belum sembuh, cobalah menggunakan obat tetes mata (walaupun jujur saya kurang menyarankkan metode seperti ini). Gunakanlah obat tetes  maksimanyal 2 hingga 3 kali saja. Karena kalo berlebihan malah akan membuat kondisinya menjadi semakin buruk.

2. Salep anti biotik
Cara lainnya bisa dengan menggunakan salep steroid atau salep anti biotik yang bisa dibeli di apotik. Ini dimaksudkan untuk mencegah penyebaran infeksi bakteri. Bersihkan dulu area kelopak mata dengan air hangat, lalu diolesi menggunakan salep. Penting perhatikan tanggal kadaluarsanya sebelum digunakan. Contoh salep yang dapat anda pakai : Amoxicillin (Amoxsan, Kalmoxicilin, Farmoxyl), Ciprofloxacin (Quinox, Baquinor).

3. Jangan sesekali memencet hordeolum
Menekan ataupun memencet benjolan apalagi jika sampai nanahnya keluar, dapat memperparah infeksinya. Oleh karena itu, buanglah kebiasaan memencet mata bintilan tadi. Kalaupun jika menyentuh bintilan tersebut, usahakan untuk mencuci tangan terlebih dahulu.

Itulah sedikit informasi mengenai obat mata bintitan cendo yang mudah-mudahan bermanfaat bagi para pembaca. Kalo tidak keberatan, silahkan bagikan informasi ini ke facebook, twitter atau G+ ya, Terimaksih 🙂

obat Amoxicillin (Amoxsan Kalmoxicilin Farmoxyl)