Sakit Kepala Terus Menerus: Penyebab dan Solusi

Sakit Kepala Terus Menerus: Penyebab dan Solusi – Perlu diketahui apa saja penyebab sakit kepala terus menerus dan bagaimana tindakan yang harus dilakukan untuk mengatasinya. Sebetulnya sakit kepala sendiri ada bermacam-macam jenisnya, ada yang sakitnya hanya sebelah alias migrain, ada pula sakitnya secara keseluruhan dan berdenyut-denyut rasanya tegang atau terkadang sampai berputar.

Sakit kepala pun ada yang bisa segera hilang dan cepat diatasi dengan obat penghilang rasa sakit, namun ada pula yang perlu dilakukan penanganan khusus karena rupanya sakit kepala tersebut hanyalah gejalan dari penyakit lain yang lebih parah.

sakit-kepala-sebelah-kanan

Penyebab Sakit Kepala yang Terus Menerus Kambuh

Untuk mengetahui penyebab sakit kepala itu sendiri kita harus tahu bahwa ternyata ada 2 jenis yaitu:
Sakit kepala primer: Tidak ada kelainan pada organ tubuh dan yang termasuk ke dalam kategori ini ialah sakit kepala sebelah alias migrain, sakit kepala klaster, serta sakit kepala tegang.

Sakit kepala sebelah/ migrain: Banyak orang yang menderita sakit kepala migrain yang terus menerus kambuh dan biasanya wanitalah yang lebih banyak mengalami jenis sakit kepala ini. Hal tersebut bisa disebabkan oleh menstruasi, stress, konsumsi pil KB, kurang tidur, dan coklat.

Sakit kepala klaster: Yang sering menderita penyakit ini kebanyakan adalah pria berusia 20 tahun sampai 40 tahun atau usia dewasa muda. Gejalanya antara lain sakit kepala sebelah yang terus menerus namun tidak berdenyut (bisa pada bagian pelipis atau mata). Lama sakit kepala bisa hanya beberapa menit bahkan sampai tiga jam, biasanya kambuh di malah hari saat tidur. Penyebab bisa karena mengonsumsi minuman beralkohol, makanan khusus, dan stres.

Sakit kepala tegang: Orang sering meyebutnya tension headache dan sakit kepala ini yang paling sering menyerang siapa saja dengan gejala berupa otot belakang leher tegang serta kaku, sakit kepala tapi tidak berdenyut, sakit bisa terasa dari ringan, sedang, sampai makin lama makin berat. Penderita sakit kepala ini bisa merasakan sakit bahkan sampai beberapa hari. Namun, penyebabnya bukan karena ada aktifitas secara fisik.

BACA TIPS INI JUGA  Sakit Perut Sebelah Kiri Atas Pada Wanita

Sakit kepala sekunder: Sakit kepala sekunder bisa dipicu karena beberapa hal seperti adanya gangguan pada organ badan yang lain semacam hidung, cedera kepala, meningitis, tumor otak, gigi, tekanan darah tinggi, telinga, dan mata.

Solusi Sakit Kepala yang Datang Terus Menerus

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan jika menderita sakit kepala:

Obat penghilang rasa sakit semacam parasetamol bisa digunakan untuk sakit kepala tegang. Selain itu, belajar untuk rileks, kemudian kepala dikompres air hangat, dan berikan sedikit pijatan lembut.

Sakit kepala klaster bisa diatasi dengan menghilangkan pemicunya serta minum obat sakit kepala seperti parasetamol.

Sakit kepala migrain juga sama caranya dengan menghilangkan pemicu, istirahat di kamar gelap, dan beri obat sakit kepala.

Sakit kepala sekunder tentunya harus diatasi dengan pemeriksaan ke dokter serta mereka yang punya hipertensi coba lakukan pengecekan tekanan darah secara rutin.

Itulah beberapa penyebab dan solusi sakit kepala terus menerus yang penting untuk diketahui.