Sakit mata menular melalui kontak langsung

Sakit mata menular – Kondisi cuaca sekarang yang sudah tidak menentu,sebentar panas sebentar hujan ini bisa meyebabkan timbulnya penyakit mata. Penyakit mata pink eye atau juga dinamakan konjungtivitis. Penyakit mata ini memang tidak terlalu berbahaya akan tetapi mudah sekali menular.Penyebabnya konjungtivitis ini adalah karena iritasi di lapisan konjungtiva yaitu yang melindungi bola mata dan membatasi kelopak mata.

Dikutip Jakarta Eye Centre, iritasi ini biasanya disebabkan oleh bakteri atau dan biasanya bersifat menular. Gejala penyakit ini cukup merepotkan. Biasanya mata akan menjadi berwarna merah, disertai rasa perih dan juga menimbulkan gatall. Karena rasa gatal dan perih ini sebagian orang yang mengalami konjungtivitis juga kadang merasakan sakit pada kepalanya,pandangan menjadi kabur dan kadang ada mual di perut. Sebenarnya penyakit mata ini bisa sembuh dengan sendirinya atau dapat diobati dengan obat tetes mata yang biasa dijual di apotek.

sakit mata merah menular

Konjuctivitis

Tetapi, penyakit mata ini dapat beresiko menimbulkan dapat yang lebih serius. Ini dikarenakan jari jari tangan penderita konjungtivitis ini mengucek matanya ketika terasa gatal. Karena jari tangan dalam kondisi kotor, membuat bakteri atau virus dari jari jari tadi memperparah kondisi mata. Penyakit mata ini sangat mudah sekali menular. Hanya dengan kontak mata langsung atau memakai barang penderita penyakit ini. Bisa diilustrasikan seperti ini seseorang matanya merah telah membasuh mata kemudian menggunakan tangannya menutup kran. Lantas kamu membasuh mata dan memegang kran bekas penderita tadi. Virus dan bakteri dari orang itu kemudian tertular kepada kamu melalui kontak dengan kran tadi.

Karena penularannya yang sangat mudah dan cepat orang yang terkena konjungtivitis dianjurkan beristirahat di rumah dan tidak berkeliaran atau melakukan aktifitas di tempat umum, supaya tidak tertular ke orang lain. Cara menghindari gangguan mata ini cukup mudah. Dianranya seperti :

1. Usahakan cuci tangan dengan sabun sebelum membasuh wajah atau mata
2. Janganlah berbagi handuk wajah, kacamata surya atau lap kacamata
dengan orang lain.
3. Bersihkan kontak lensa secra teratur
4. Gantilah kontak lensa yang baru jika pernah terinfeksi penyakit ini

Jika mengalami mata merah lebih dari 2 hari, dan ada rasa perih dan penglihatan menjadi sensitive atau silau jika terkena cahaya,cepat- cepatlah periksakan ke dokter mata. Agar tidak bertambah parah dan juga sakit mata menular ini diatasi dengan tepat . Baca juga artikel sebelumnya mengenai pencegahan kanker serviks

BACA TIPS INI JUGA  Berikut Gejala Kanker Getah Bening