Sakit mata pada bayi yang harus diperhatikan orang tua

Sakit mata pada bayi – Kesehatan bayi harus diperhatikan mulai sejak dini karena pada usia ini bayi sangat rentah akan perubahan kondisi cuaca sehingga mudah terserang penyakit. Bayi sistem kekebalan tubuhnya masih belum matang ,sehingga virus dan bakteri dapat dengan mudah menembus kekebalan tubuhnya. Dan mata merupakan salah satu organ tubuh bayi yang rentan terkena virus.

Mata merupakan salah satu dari panca indra, dan juga mata ini merupakan satu satunya alat yang digunakan mata agar bisa untuk melihat secara visual. Mata adlah organ yang penting dalam kehidupan manusia dan mata juga organ yang sensitif. Jika mata mengalami gangguan kecil saja maka akan berakibat sangat fatal, maka daripada itu orang tua yang sudah memiliki bayi harus selalu memperhatikan kesehatan mata buah hatinya, seperti selalu hindarkan buah hati anda mengucek mata dengan tangannya dan hindarkan matanya dari debu yang berkeliaran. Ini sangat penting karena biasanya bayi selalu akan menggunakan tangannya tanda disadari oleh si kecil tangannya kotor atau tidak.

sakit mata merah pada bayi

Bayi biasanya akan mengucek atau mengusap matanya jika merasakan gangguan dimata seperti gatal atau perih dengan tangan , hal ini mengakibatkan virus dan bakteri dapat mudah menyerang mata. Karena kebiasaan inilah penyebab utama mata sikecil menjadi sakit.

Penyebab sakit mata pada bayi yaitu:
1. Mata bayi terkontaminasi karena kebiasaannya menyentuh benda benda asing disekelilingnya sehingga bakteri dan kuman bersarang dimata buah hati anda

2. Debu dijlanan yang secara tidak sengaja masuk ke mata

3. Terkena radiasi alat alat elektronik secara berlebihan

4. Bayi kekurangan akan vitamin A

Itulah beberapa penyebab dari sakit mata yang timbul pada buah ahati anda.Karwna bayi belom tau tentang bagaimana cara menjaga kesehatan diri dan kurang mengetahui benda benda disekelilingnya berbahaya atau tidak. Maka dari itu pengawasan dari orang tua bayi sangat mutlak untuk menjaga selalu kesehatan jangan lengah sedikit saja agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan. Seperti terkena virus dan bakteri di mata si bayi.

BACA TIPS INI JUGA  Cara Menghilangkan Bau Badan Tidak Sedap Dengan Cara Alami

Tips mengatasi penyakit mata pada bayi:
1. Selalu perhatikan kebersihan si kecil,pengawasan orang tua sangat perlu dalam menjaga kebersihan mata buah hatinya dari yang dinamakan belekan . Jangan meremehkan apa itu belekan meski awalnya hanya nampak sedikit tapi jika dibiarkan terus menerus bisa bertambah parah dan juga menggangu pengelihatan dari mata si bayi
2. Waspadai penyumbatan saluran mata buah hati anda,jika terjadi penyumbatan saluran mata maka segeralah pijat pada lingkaran mata dan juga batang hidung bayi agar bisa lancar kembali.

3. Waspadai mata bayi kontak dengan debu dijalanan, langkah ini sangat penting untuk dilakukan ketika bayi diajak bermain diluar rumah karena serangan debu liar sangat sulit untuk dihindarkan . Maka dari itu ketika diajak bpergian keluar usahakan untuk menutupi mata bayi dengan kain yang bersih supaya terhindar dari debu.

4. Jadilah orang tua yang lebih peka jika terjadi sesuatu gangguan yang dialami oleh mata si bayi. Karena mata adalah merupakan aset yang sangat berharga.

Mata adalah salah satu dari organ tubuh manusia yang fungsinya sangat penting.maka dari itu selalu jagalah dan selalu peka sebagai orang tua, supaya sakit mata pada bayi dapat diminimalisir. Baca juga artikel sebelumnya mengenai sakit mata menular, semoga bermanfaat.