Sakit Perut Sebelah Kiri Atas Pada Wanita

Pastinya kalau sakit perut sebelah kiri bawah sangatlah menyakitkan apalagi kalo yang mengalaminya adalah seorang wanita. Rasa sakit bagian kiri ini bisa merupakan tanda hamil atau suatu penyakit berbahaya. Banyak sekali faktor penyebabnya, mari coba mbaha akan jabarkan sedikit apa yang mendasarinya.

  • Aneurisma Aorta Perut
    Aorta perut merupakan bagian pembuluh yang mengalirkan darah dari jantung menuju perut. Pembuluh darah ini bisa mengalami pecah ataupun bocor kalau terjadi kốmplikasi medis. Dalam dunia kedokteran bisa dikenal dengan “Aneurisma Aốrta Perut”, Kalo ini sampai terjadi akan terasa sakit luar biasa di sekitar sebelah perut tengah & kiri. Bahkan sebagian penderitanya sampai merasakan sakit hingga ke sebelah kiri & belakang. Untuk mengatasi gangguan ini harus dengan operasi.

sakit-perut-sebelah-kiri-atas-saat-hamil

  • Endomeriosis
    Endomeriosis merupakan gangguan kesehatan pada wanita karena reproduksinya sudah berumur. penyebab sakit ini dikarenakan sel- sel selapun bagian dalam rahim atau endometrium sampai keluar dari rongga rahim. Dan kễtika pễrempuan memasuki masa menstruasi sakitnya akan semakin terasa & akan bertambah parah.
  • Kanker
    Sakit perut sebelah kiri bisa juga diakibatkan karena ada sel kanker tumbuh di dalamnya, gejalanya pun beragam mulai dari konstipasi, nafsu makan mendadak hilang, penurunan berat badan secara tiba-tiba serta semakin meningkatnya frekuensi BAB. Kalo anda mengalami gejala tersebut segeralah berkonsultasi dengan dokter.
  • Batu Ginjal
    Rasa nyeri di bagian  sebelah perut kiri bisa juga ada indikasi akan penyakit batu ginjal. Rasa nyễri diàkibatkan batu ginjal menurun sampai ureter, Pria pun juga bisa terkena batu ginjal. Gejala yang biasa dirasakan ialah sering muntah dan ketika maaf kencing menjadi susah.
  • Sembelit
    Sembelit kalo sudah parah akan menyebabkan rasa sakit seperti ditikam di sebelah kanan bawah & kiri. Sakitnya sendiri akan terasa ketika sudah selesai BAB, untuk pencegahan anda bisa dengan banyak minum air mineral serta menambah aktivitas olahraga.Dan kalo anda mengalami susah BAB cepatlah periksakan kondisi kesehatan anda ke dokter.
  • Pelvic Inflammatory Disease
    Biasa juga dikenal dengan peradangan panggul (PID), bisanya terjadi karena rahim, tuba fallpoi & ovarium terinfeksi bakteri. Ini akan mengakibàtkan keputihan serta sakit perut bawah. Penyebab PID ialah karena menularnya penyakit sexual dari leher rahim & vagina. PID merupakan gangguan yang sering dialami oleh kaum perempuan.
  • Fibroid
    Biasa disebut dengan nama batu rahim, masalah ini diakibatkan ketidaknormalan pertumbuhan otot-otot di dalam rahim. Bentuknya di dalam rahim menyerupai bola tapi sangat keras, fibroid akan terus tumbuh serta membelah diri dalam waktu yang cukup lama. Batu rahim akan mengakibatkan jadwal menstruasi menjadi tidak normal & pendarahan berlebih saat “M”. Untuk menanggulanginya harus dengan operasi.
  • Divertikulitis
    Penyakit ini umumnya dialami oleh wanita yang usianya tidak muda lagi atau sudah memasuki umur 60 keatas. Dalam istilah kedokteran divertikulitis, ialah masalah pencernaan di usus besar atau colon terganggu sehingga terjadi peradangan di bagian luar colon.
  • Kehamilan etopik
    Keadaan ketia sel telur atau ovum di buahi di luar rahim. Kebanyakan kasus ditemukan zigot tertanam di saluran tuba. Karena hal itulah Tubuh ibu hamil akan bereaksi mengusir janin di trimester awal kehamilan, gejanya biasanya terdapat pendarahan di vagina.
BACA TIPS INI JUGA  Obat Herbal Tradisional Asam Urat Dan Kolesterol Tinggi

Sebenarnya masih banyak banyak lagi penyebab sakit perut sebelah kiri, beberapa ulasan diatas merupakan sebagian kecilnya saja. Nyeri perut sebelah ini bisa diindikasikan kalo kesehatan tubuh anda bermasalah. Maka dari itu jika mengalami gangguan tidak biasa sekitar perut segeralah cek kondisi anda ke dokter.