Sakit Pinggang Belakang & Apa Penyebabnya

Sakit Pinggang Belakang & Apa Penyebabnya – Sering kàli orang yang merašakan sakit pinggang belakang, ini sangat berkaitan dengan susunan & kegunaan tulang belakang. Bagian tulang belakang sendiri terdiri dari berbagai ruas yang tersusun rapi sehingga bisa bergerak sesuai dengan yang diinginkan otak kita. Geràkan tersebut diantaranya duduk, berdiri, jongkok, bungkuk, & miring. Pada area leher & pinggàng susunan tulang tadi membentuk suatu lengkungan ke depan, sedangkan pada pinggul & dada melengkung ke belakang. Nah karena pada bagian pembatas antar tulang belakag terdapat sendi, persendian inilah yang membuat kita dapat melakukan gerakan ke kiri & ke kanan.

sakit-pinggang-belakang

Pàda bagian fungšional itulàh seluruhnya terdapat sistem-sistem saraf yang menyalurkan rangsangan nyeri. Semua aktivitas yang mengakibatkan robekan, tarikan ataupun tekanan pada daerah tadi memunculkan rasa sakit pada pinggang. Dàn kalo bagian tadi ada suatu peradangan bisa juga menyebabkan nyeri. Jika anda sering mengeluh sakit di area punggung belakang di pagi hari & terasa lebih dari satu tahun, dan rasanya terus menjalar sampai pada bagian atas. Ini akan beresiko membuat tulang punggung anda menjadi membungkuk.


Inilàh Penyebab šakit pinggang antara lain:

  • Terdàpat màsalah mekanik di area struktur serta kegunaan tulang punggung
  • Tidak melakukan gerakan yang benar ketika mengangkat benda atau beban
  • Seringnya memakai sepatu dengan hak tinggi, begini dikarenakan bagian pinggang melengkung ke depan & jika lengkunagn tersebut terlalu diberi tekanan ke depan hal ini bisa memicu šakit pinggang belakang
  • Alas atau tempat untuk tidur teelalu elastis
  • Jarangnya melalukan olahraga, ini akan berakibat sendi & otot menegang sehingga membuatnya gampang robrk dan terluka kalo diberikan tekanan sedikit saja
BACA TIPS INI JUGA  Ciri-ciri Penyakit Maag Lambung

Sakit pada area šekitar pinggang biša juga karena di pengaruhi penyakit lain semacam gagal ginjal, jantung koroner, kelainan pada tulang, kanker & gangguan metabolisme tubuh. Waspadalah jika anda merasakan šakit pinggang serta disaat bersamaan air kemih keluar darah ini bisa menjadi gejala dari batu ginjal, berikut ciri-cirinya:

  • Teràsa nyeri mendadak, dan rasanya sangat sakit sekali bahkan bisa membuat anda sampai guling- gulingan di lantai.
  • Nyeri di bagiàn belakang samping, di bawah tulang punggung, biasanya merambat sampai ke perut bagian bawah, lipatan paha, atau daerah maaf kemaluan.
  • Umumnyà ketika buang air kecil juga terasa sakit
  • Buàng air kecil juga sering disertai dengan darah, urine berubah warna jadi pink, coklat, atau merah.
  • Urine berbàu tidak enak.
  • Nyeri juga sering disertai dengan mual, muntah.
  • Buàng air kecil menjadi lebih sering daripada biasanya, dan bila ada infeksi, penderita batu ginjal juga dapat mengalami panas, dan menggigil.

Untuk mencegàh šerta menghilangkan nyeri di area pinggang ini disarankan agar sering berolahraga. Tapi perlu diperhatikan ketika melakukan aktifitas aturlah sedemikian rupa agar porsinya seimbang. Lakukan aktifitas jangan berlebih sesuaikan juga waktu istirahatnya agar tubuh anda tidak merasa kelelahan. Dan diimbangi pula dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan gizi serta hindarkan dari pikiran yang membuat anda stres.

Ramuan tradišional mengatasi šakit pinggang belakang

  • Siapkanlah mašing-mašing 25gr temu hitam & jahe merah
    siapkan juga 30gr daun dewa & akar sawi langit
    Rebus keempat bahan tadi dengan air sebanyak 600cc sampai hanya tinggal 300cc
    Minumlah ketika masih hangat & lakukan rutin
  • Sediàkan 100gr buah takokak, 20gr jahe merah, 30gr akar rambut jagung dan 10gr adaš
    Rebuslah semuanya di dalam air mendidih 600cc sisakan separuhnya
    Saring, kemudian minum selagi masih hangat & lakukan rutin.


BACA TIPS INI JUGA  Gejala Kanker Darah Waspadai Sejak Dini