Sebab Rambut Rontok Setelah Melahirkan Dan Cara Mengatasinya

Sebab rambut rontok setelah melahirkan menjadi kekhawatiran tersendiri bagi ibu muda yang baru pertama kali melahirkan. Ini karena kerontokan yang kerap terjadi lebih parah dibanding rambut rontok dihari-hari biasa. Sebenarnya hal ini masih dianggap wajar karena kerontokan tersebut terjadi karena meningkatnya hormon estrogen pada masa kehamilan. Hormon estrogen akan memperpanjang fase pertumbuhan rambut, sehingga menyebabkan rambut terasa lebih tebal saat hamil.

baca juga : cara meluruskan rambut secara alami

Setelah melahirkan maka hormon kembali normal dan fase pertumbuhan juga akan kembali, ini ditandai dengan adanya kerontokan rambut. Menurut penelitian yang dilakukan oleh ahli kesehatan asal Inggris, Philip Kingsley, terdapat sekitar 50% wanita yang mengalami rambut rontok setelah melahirkan. Kerontokan tersebut nantinya akan kembali normal, dan jika kerontokan tersebut terus berlanjut maka segera dilakukan tindakan medis, yakni dengan pemeriksaan darah.

Sebab rambut rontok setelah melahirkan lainnya adalah karena sang sang ibu mengalami depresi paska melahirkan. Terjadinya kerontokan rambut tidak dapat dihentikan atau dihindari karena perubahan hormon seorang wanita. Langkah terbaik yang dapat Anda lakukan adalah dengan mendorong pertumbuhan kembali lebih cepat. Caranya adalah dengan memijat kulit kepala di pagi hari selama beberapa menit kemudian dilanjutkan keramas dengan menerapkan stimulasi scalp mask.

Kebiasaan merawat rambut yang baik dapat mempercepat pertumbuhan rambut dan menjadikannya lebih sehat. Selain melakukan pemijatan dan keramas, terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan. Berikut ulasannya.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Paska melahirkan

mengatasi rambut rontok setelah melahirkan

Jahe

Hal yang dapat Anda lakukan ketika mengalami rambut rontok adalah dengan memanfaatkan jahe. Selain digunakan sebagai bahan untuk menghangatkan tubuh, jahe juga bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan folikel rambut sehingga membuat rambut mengalami pertumbuhan lebih cepat. Cara menggunakannya juga cukup mudah, yakni dengan memarut jahe kemudian peras airnya. Setelah itu campurkan air jahe dengan sedikit minyak wijen hingga rata. Gunakan campuran kedua bahan tersebut untuk dioleskan ke kulit kepala sambil dipijit perlahan. Anda dapat mendiamkannya selama 10 menit kemudian keramas hingga bersih.

baca juga : resep ampuh ramuan tradsional memanjangkan rambut dengan cepat

Protein dan Vitamin E

Meskipun sebab rambut rontok setelah melahirkan terjadi akibat perubahan hormon tetapi Anda masih dapat melakukan beberapa hal untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Cara yang tepat adalah dengan menambah asupan protein serta vitamin E pada menu makanan sehari-hari. Sumber protein yang dapat Anda konsumsi adalah produk susu, telur, dan sebagainya. Sedangkan asupan vitamin E dapat berasal dari almond, sayur bayam, lobak, kacang tanah dan sebagainya.

Lidah Buaya

Gunakan lidah buaya sebagai pengganti shampo untuk sementara. Hal ini dipercaya mampu mengatasi rambut rontok setelah melahirkan secara efektif. Caranya menggunakannya sama seperti shampo pada umumnya. Gunakan daging lidah buaya kemudian gosok di bagian kulit kepala dan bilas menggunakan air bersih. Anda dapat melakukan cara ini dua hari sekali secara rutin.

Hindari Sisir Gigi

Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan tidak menggunakan sisir gigi. Anda lebih baik menggunakan sisir yang lembut. Setelah keramas Anda sisir rambut secara perlahan dan tidak perlu menarik rambut secara berlebihan. Menyisir rambut setelah keramas memudahkan Anda untuk merapikan rambut dibanding harus menunggunya kering terlebih dahulu. Hindari penggunaan pengering rambut karena udara panas dapat menyebabkan kerontokan rambut lebih parah.

Menggunakan Masker Rambut

Anda juga dapat menggunakan masker rambut alami untuk mengatasi rambut rontok. Bahan alami yang dapat Anda pilih untuk membuat masker adalah minyak zaitun, lidah buaya, dan lainnya. Bahan-bahan tersebut mengandung nutrisi yang tinggi untuk menumbuhkan rambut lebih cepat dan menjaga kesehatan rambut.

Jangan Stres

Salah satu sebab rambut rontok setelah melahirkan adalah mengalami seorang wanita mengalami stres. Stres tersebut biasanya karena tekanan untuk merawat bayi, belum bisa menghadapi situasi saat bayi rewel serta perubahan fisih yang mengecewakan. Meski wajar bagi ibu yang baru pertama kali melahirkan tetapi hal ini harus dihindari agar kerontokan rambut tidak berlangsung lama.

Gunakan Shampo yang Cocok

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa melakukan perawatan rambut dengan baik dapat mengati kerontokan rambut paska melahirkan lebih cepat. Hal sederhana yang dapat Anda lakukan adalah dengan memilih shampo yang tepat. Shampo yang Anda pilih harus sesuai dengan jenis rambut Anda. Anda dapat keramas 2-3 kali seminggu menggunakan shampo dan Anda selingi dengan menggunakan lidah buaya. Perlu Anda pahami bahwa pemilihan shampo yang salah selain dapat membuat rambut rontok dan patah juga dapat menyebabkan ketombe.

baca juga : cara melebatkan rambut secara alami dan ampuh

Itulah sebab rambut rontok setelah melahirkan dan cara mengatasinya yang perlu Anda ketahui. Agar lebih maksimal Anda dapat melakukan cara di atas secara rutin.