Tips Cara Merawat dan Mengatasi Rambut Kering

Cara merawat dan mengatasi rambut kering – Rambut kering merupakan tanda kalo pemiliknya kurang dalam merawatnya. Rambut jenis ini wajib diperlakukan khusus supaya tetap sehat. Karena kurangnya nutrisi  dan juga dalam perawatan  yang salah menjadi penyebab  rapuh dan rusak. Berikut beberapa kiat merawatnya agar terlihat sehat , indah , lembut dan kuat yang bisa kamu kerjakan sendiri di rumah.

Pastinya bagi seorang perempuan rambut adalah mahkota kepalanya. Menjaganya supaya  tetap cantik dan sehat pastinya adalah hal wajib. merawatnya pun harus setiap hari. Tapi banyak juga wanita diluar sana banyak yang cuek. Mereka mungkin akan menyesal kalo sudah mengalami  rusak dan rapuh.

rambut-rusak

Maka dari itu mulailah dari sekarang untuk senantiasa menjaga kesehatan rambut anda. Hindarkanlah kebiasaan buruk yang menjadikannya menjadi rapuh. Mengatasi rambut yang bermasalah harus sesuai dengan jenis dan yang menyebabkan menjadi rusak. Perawatannya tentu berbeda dengan perawatan untuk yang berjenis rambut kusut dan mengembang. masalah utamanya adalah karena produksi minyak yang tidak dapat dikontrol di kulit kepala.

Minyaak yang berlebih biasanya akan memicu timbulnya ketombe. Sementara, kalo  kering akan mengakibatkan mudah mengalami kerontokan dan jika dibiarkan bisa amembuat kepala anda botak permanen. Meskipun banyak juga orang yang terlahir dengan rambut jenis ini. Anda bisa mencegah kerusakan lebih parah mulai dari sekarang.

Beberapa Penyebab Rambut Menjadi Kering

  1. . Terlalu sering terkena cahaya panas sinar matahari
  2. . Terlalu sering mengganti warna  dengan bahan kimia
  3. . Terlalu sering menggunakan pengering dan salah dalam penggunaan sampo yang tidak tepat
  4. . Efek negative dari klorin dalam pemandian air panas dan kolam renang 

Mengatasi rambut kering  tradisional dengan bahan alami

  • . Jangan berlebihan dalam pemakaian sampo : Menggunakan shampo seenaknya saja bahkan bisa sampai sehari sepuluh kali bukannya membuat sehat malah menghilangkan minyak alami yang ada pada rambut. Keramaslah 2 atau 3 kali saja dalam sehari. Gunakan sampo yang cocok,  Perlakukan  dengan lembut saat keramas karena  sangat rapuh dan mudah patah. Jangan pernah menggunakan kuku untuk memijatnya karena akan membuat iritasi pada kulit kepala.
BACA TIPS INI JUGA  Berikut Langkah dalam Cara Merawat Rambut Smoothing

Beberapa Tips Menyisir  Supaya  Tidak Gampang Patah

  • . Hindarilah menyisir  kalo keadaannya masih basah. Karena akan membuat mudah patah dan rontok. Tunggulah sebentar dulu hinngga  sudah mulai mengering
  • . Gunakan sisir yang ada karet di ujung anak sisirnya
  • . Kalo kamu memakai ko ndisioner , gunakanlah yang tidak mengandung alkohol. Sebab alkohol akan membuat rambut semakin bertambah parah kesehatannya
  • . Hindarkan kebiasaan mengikat rambut ketika tidur. Biarkan  terurai agar akarnya bisa bernapas dan tidak mengembang
  • . Manfaatkanlah jeruk nipis agar kotoran di kulit kepala dapat hilang dan membuat rambut nampak berkilau. Khasiat alami dari jeruk nipis ini bisa anda gunakan 30 menit sebelum keramas yang. Peraslah dahulu jeruk nipis dan gunakan untuk memijat kulit di kepala
  • . Jika kamu sering menggunakan hair dryer untuk mempercepat  agar kering, buang jauh-jauh kebiasaan ini. Kalo terpaksa menggunakan alat pengering  aturlah suhu yang tidak terlalu panas yang kecil-kecil saja.Hindari juga kebiasaan menarik rambut ketika masih panas. Karena kalo ditarik ketika panas akan menjadikan mengembang karena kekurangan air

Itulah beberapa tips merawat serta mengatasi rambut kering dan mengembang supaya tetap sehat,kuat dan tidak mudah patah. Perawatan  ini bisa kamu paraktekan sendiri karena selain mudah dan murah juga pastinya. Mulai dari sekarang jangan pernah menganggap enteng dalam merawat mahkota anda terutama bagi para kaum wanita. Supaya tidak ada penyesalan nantinya. Semoga bermanfaat.