Tips Perawatan Wajah Berjerawat dengan Bahan Alami

Perawatan wajah berjerawat menjadi hal penting untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih dan terawat. Permasalahan wajah seperti jerawat memang sangat mengganggu dan membuat banyak orang merasa tidak nyaman. Jerawat sangat berpengaruh terhadap penampilan seseorang yang membuatnya kurang percaya diri.

Wajah berjerawat dapat dialami oleh siapa saja, dari mulai usia remaja hingga orang dewasa. Meskipun munculnya jerawat merupakan hal yang wajar tetapi jika tidak dilakukan perawatan yang benar akan menimbulkan permasalahan kulit yang serius. Jerawat yang dibiarkan akan menjadi permasalahan kulit baru seperti timbulnya flek hitam dan kulit wajah menjadi kusam. Tentu hal ini tidak diinginkan oleh semua orang. Untuk itu, memilih perawatan wajah berjerawat dengan benar menjadi hal penting yang harus Anda perhatikan.

Sebenarnya ada banyak sekali cara merawat wajah berjerawat, diantaranya adalah dengan melakukan perawatan di salon kecantikan, menggunakan cream penghilang jerawat, atau dengan mengonsumsi obat untuk menghilangkan jerawat. Meskipun dapat menghilangkan jerawat secara instant tetapi cara-cara tersebut tidak dianjurkan karena kebanyakan cream atau obat penghilang jerawat di pasaran terbuat dari bahan kimia yang belum tentu baik untuk kesehatan kulit.

Penggunaan bahan kimia tentu memiliki efek samping yang tidak baik untuk kulit wajah. Apalagi jika digunakan dalam jangka waktu yang lama. Untuk itu, untuk melakukan perawatan wajah yang berjerawat disarankan untuk menggunakan bahan-bahan alami. Bahan alami dipercaya mampu menghilangkan jerawat secara efektif tanpa menimbulkan efek samping.

Cara & Tips >>  Tips Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah Secara Alami

Inilah Perawatan Wajah Berjerawat Secara Alami

masker

Selain mudah didapatkan, melakukan perawatan wajah menggunakan bahan alami juga cukup terjangkau. Biasanya bahan alami tersebut digunakan sebagai masker wajah. Berikut beberapa bahan alami yang dapat Anda gunakan di rumah.

Mentimun

Mentimun sering digunakan sebagai lalapan dalam menu makanan sehari-hari. Tapi siapa sangka jika mentimun dapat digunakan sebagai masker wajah alami yang mampu mengatasi jerawat. Mentimun mengandung zat astrigent yang dapat digunakan untuk mengurangi minyak di wajah. Minyak berlebih inilah yang menyebabkan munculnya jerawat. Untuk membuat membuat masker mentimun cukup mudah, Anda cukup memotong mentimun menjadi beberapa bagian lalu tempelkan potongan mentimun tersebut pada wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

Cara lain adalah dengan menghancurkan mentimun hingga menyerupai bubur yang halus kemudian tempelkan pada wajah secara merata selama 15 menit. Setelah itu Anda bilas menggunakan air bersih. Cara ini Anda dapat lakukan pada malam hari menjelang tidur.

Cara & Tips >>  Cara Mengecilkan Pipi Tembem Secara Alami

Jeruk Nipis

Perawatan wajah berjerawat selanjutnya dapat dilakukan dengan menggunakan jeruk nipis. Bahan alami ini memang bukan hal baru lagi karena sudah sejak zaman dahulu digunakan untuk perawatan kecantikan. Jeruk nipis mengandung vitamin C yang cukup tinggi sehingga mampu meremajakan kulit dan menghaluskan kulit. Tak heran jika saat ini banyak sekali produk kecantikan yang mulai menggunakan jeruk nipis sebagai bahan utamanaya.

Untuk membuat masker wajah alami menggunakan jeruk nipis, caranya adalah dengan memeras jeruk nipis lalu celupkan kapas ke perasan jeruk nipis tersebut untuk dioleskan ke seluruh bagian wajah. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas menggunakan air hingga bersih. Bagi Anda yang memiliki kulit wajah sensitif perlu berhati-hati karena perasan jeruk nipis tersebut dapat membuat kulit terasa sedikit perih.

Tanah Liat

Cara ini mungkin sangat asing bagi sebagian besar orang. Banyak pertanyaan tentang bagaimana bisa tanah liat dapat digunakan untuk masker dan memiliki manfaat untuk perawatan wajah. Perlu Anda ketahui bahwa tanah liat mampu menyerap kandungan minyak penyebab jerawat pada wajah. Cara menggunakannya adalah dengan mengambil satu sendok tanah liat kemudian Anda tambahkan dengan beberapa tetes air lemon. Setelah itu, Anda aduk tanah liat dengan air lemon hingga menjadi sebuah pasta. Gunakan kuas untuk mengoleskan pasta tanah liat tersebut pada wajah secara merata. Diamkan selama 20 menit kemudian bilas menggunakan air hangat hingga bersih.

Cara & Tips >>  5 Cara Alami Merawat Kuku Agar Tetap Cantik dan Sehat

Kayu Manis dan Madu

Cara perawatan wajah berjerawat selanjutnya adalah dengan menggunakan kayu manis dan madu. Kedua bahan tersebut dapat dijadikan sebagai masker alami yang ampuh menghilangkan jerawat. Selain itu, kayu manis dan madu juga dapat mengurangi kandungan minyak di wajah. Cara menggunakannya adalah dengan memasukkan 1 sendok teh kayu manis bubuk ke dalam mangkuk. Setelah itu tambahkan 2 sendok teh madu murni. Aduk kedua bahan alami tersebut hingga rata kemudian oleskan pada wajah. Agar lebih mudah Anda dapat menggunakan kuas lalu tunggu hingga 15 menit. Setelah kering Anda bilas menggunakan air hangat hingga bersih.

baca juga : obat alami menghilangkan jerawat dan memutihkan wajah

Itulah beberapa tips perawatan wajah berjerawat menggunakan bahan alami yang perlu Anda ketahui. Selain menggunakan masker alami, Anda juga disarankan untuk menghindari makanan yang banyak mengandung minyak, seperti gorengan.

PENTING! BACA JUGA Kecantikan
Cara Mencerahkan Wajah Kusam Secara Alami

Cara mencerahkan wajah kusam tentu sering dicari banyak wanita untuk mendapatkan wajah yang cantik dan bersih. Seperti yang kita ketahui...

Inilah Pemutih Wajah Alami dan Cepat

Pemutih wajah alami dan cepat menjadi cara yang paling banyak diminati oleh para wanita. Alasannya adalah bahan-bahan alami lebih aman...

Tips Kecantikan Wajah Alami Sepanjang Hari

Tips kecantikan wajah alami tentu dicari banyak wanita untuk mendapatkan kulit wajah yang mulus, bersih dan segar. Hal ini karena...

Close